banner

banner

Breaking News

OJK Bengkulu : Capaian Dana Pihak ketiga Bank Bengkulu Turun 2,27 Persen


BENGKULU --
Sebagai bank daerah yang memiliki jaringan kantor di seluruh kabupaten se Provinsi Bengkulu, serta infrastruktur yang cukup memadai, ternyata tak membuat kinerja Bank Bengkulu menjadi lebih baik.

Dari capaian Dana Pihak Ketiga (DPK) misalnya. Berdasarkan data triwulan kedua tahun ini, Bank Bengkulu mencatat pertumbuhan DPK yang minus dibanding tahun sebelumnya. Tepatnya -2,27% (yoy).

Data ini tertuang dalam laporan kineja industri jasa keuangan yang disampaikan oleh OJK Provinsi Bengkulu dalam konfrensi persnya, Kamis (15/8).

Sejatinya secara umum kinerja perbankan di Provinsi Bengkulu di triwulan II tahun ini mengalami pertumbuhan yang cukup baik. Bahkan untuk DPK secara umum mengalami pertumbuhan 9,49%. 

Ini artinya dapat diasumsikan bahwa hanya Bank Bengkulu satu-satunya bank di Provinsi Bengkulu yang mengalami penurunan DPK.

Ironinya lagi, capaian DPK Bank Bengku kalah tajir dengan Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Di triwulan II tahun ini BPR mencapai pertumbuhan DPK yang cukup signifikan sebesar 8,95%.

Kalah tajirnya capaian DPK Bank Bengkulu dibanding BPR tentu menjadi sebuah pertanyaan. Bagiamana bank yang memiliki jaringan kantor dan infrastruktur yang sangat terbatas ini mampu berkinerja sangat baik.

Menananggapi turunnya capaian DPK Bank Bengkulu, Kepala OJK Bengkulu Ayu Laksmi melalui Plt Kabag Pengawasan, Hulman mengatakan banyak faktor yang mempengaruhi. Salah satu diantaranya masih tergantungnya Bank Bengkulu pada dana giro milik Pemda.

"Pada posisi Juni tahun lalu mungkin dana giro milik Pemda yang tersimpang di Bank Bengkulu tidak banyak dibelanjakan. Sedangkan untuk posisi tahun ini dana giro tersebut banyak direalisasikan sehingga membuat penurunan DPK," terang Hulman saat sesi tanyajawab dalam konfrensi pers.

Untuk BPR sendiri lanjut Hulman, mereka mampu menjalin kerjasama dengan pihak lain sehingga mampu meningkatkan DPK mereka. 

"Kendati ada yang mengalami penurunan namum secara umum kinerja industri perbankan di Bengkulu mengalami peningkatan yang ditunjukkan beberapa indikator yang mengalami pertumbuhan," tutupnya.(Red)

Tidak ada komentar